Rabu, 25 Mei 2011

Pengaduan saya ditanggapi ^^'

pernah mencoba mengadukan suatu pelayanan ke nomor pengaduan yang telah disediakan?
malam ini saya pertama kali mencobanya. menarik. sangat menarik

hari ini saya memang berencana untuk menjilidkan laporan KKN yg telah susah payah saya buat. sebelumnya saya juga sudah tanya2 ke teman2, fotokopian mana yg bisa njilid laporan dengan format yg kita inginkan. tinta nya timbul. dan dilaminasi.

fotokopian pertama g bisa ngerjakan cepat. katanya harus nunggu 3 hari. klo kita mau bayar 2 atau 3 kali lipat baru bisa jd cepat (hadeeeh.... _ _!)

lanjut ke fotokopian selanjutnya. tempatnya sangat berbeda dengan deretan fotokopi lainnya. ruangan kaca, ber AC, dan banyak komp disana. sekilas bakal mikir2 apa bener ini tempat fotokopian?
akhirnya saya masuk. pertama masuk, disambut oleh mbak mbak berseragam. singkatnya, saya utarakan mau saya. pertama, fotokopi laporannya 2x, lalu dijilid laminasi. awalnya saya minta tintanya timbul, tp ternyata harganya mahal sangat, g jd deh. jd minta dijilid laminasi biasa dan berwarna. cover warna kuning.

karena sore itu saya ada keperluan lain, saya tinggal proses penjilidan itu. dan saya kembali ke kantor di semolowaru. niatnya akan saya ambil selepas maghrib. tp ternyata hujan. jadi baru saya ambil sekitar pukul 7an. saya pikir laporan saya sudah dijilid, tinggal saya ambil, bayar, n pulang. disinilah kekecewaan dimulai....

pertama kali masuk, saya g langsung disambut. saya dianggurin cukup lama. sengaja saya g panggil pegawainya lihat seberapa tanggap orang2nya. akhirnya ada juga yg menanyakan apa keperluan saya. saya bilang, mau ambil jilidan laporan KKN, warna kuning, unair. pas diambil ma mbaknya, la kok g dilaminasi, tp dijilid biasa. karena kesalahan itu saya harus menunggu laporan saya di bongkar dan dijilid ulang dengan cover yang dilaminasi. menunggu sangat membosankan. apalagi dengan baju basah kena hujan, ruangan ber AC, lagu2 g jelas, dan pegawai2 yg ngobrol dan ketawa2.

jelas disana saya menunjukkan muka bosan, ngantuk, capek. berharap ada yg bilang "mau bakso mbak?" wakakak....(saking bosannya sampe berhalusinasi)

prosesnya g bisa dibilang sebentar juga, hampir setengah jam-an. sambil nunggu, mata saya berkeliling ruangan. konsepnya memang beda, dan memang itulah yg diusung pemiliknya. sudah buka cabang dimana2. ada tulisan juga gede gede "tidak puas, cetak ulang". saya menangkap kesan pemilik sangat ingin mengutamakan kepuasan konsumennya. g sengaja nangkep tulisan "nomor pengaduan 081xxxxxx" iseng iseng saya catat, berniat untuk mengadukan kekecewaan yg saya alami.

setelah laporan saya selesai di jilid ULANG, saya lihat hasilnya..g rapi dan g bersih. ada kotoran nyempil di cover saya o_o dan saat dikeluarkan nota, MAHAL O.O
mahal ini g akan jd masalah klo hasilnya bagus, tp klo mengecewakan?mahalnya ya semakin TERASA

sempet tanya sama mbak yg melayani saya, kenapa laporan saya td kok g dilaminasi. mbaknya menjawab sekedarnya "iya ini td dikira hitam putih, dijilid biasa, y g tau deh.." nah lo....

pulang, sambil ngomel2 dijalan :D
sampe rumah, ambil hape, langsung lancar nulis sms pengaduan:

----Malam. ini dengan pngaduan xxxx y?saya bru pertama kali ke xxxx. di xxxx sby tepatnya. salut. tmptnya enak sih. tp pengalaman prtama saya buruk dsana. awalnya saya mau jilid laporan, krn ad kperluan saya tnggal keluar. saya kmbali agk lama. saya pikir saya ambil selesai. trnyata hasilnya salah. yg harusnya dilaminasi malah g dilaminasi. jd saya harus tnggu lg. hsl akhirnya pun tdk rapi dan tdk bersih. masa ad kotoran nempel di cover laporan sya.dlm hal pelayananpun, pegawai tdk ramah.sya msuk prtama aj smpet dicuekin. malah ad pegawai yg ngobrol, dll. demikian dr sya. smoga bs jd bhan prbaikan----

niat saya nulis pengaduan murni untuk perbaikan kedepan. dan ada keyakinan, setelah sms ini terkirim, pasti hp saya berbunyi, pasti ada telp dr sang empunya no pengaduan (karena itu juga yg dilakukan di pernikmuslim, hehe...xD)

benar dugaan saya, g lama. g ada 5 menit, hp saya bunyi dari si no pengaduan. seorang bapak2, saya tebak cina, hehe...memohon maaf atas apa yg saya alami, atas perlakuan karyawannya, lalu menanyakan detail kejadiannya seperti apa. saya cerita apa adanya yg saya alami. berkali kali si bapak minta maaf, saya santai cuma ngomong ya ya, gpp pak, semoga bisa jd bhan perbaikan. si bapak juga bilang, akan segera diperbaiki. selesai. telpon ditutup. saya pikir akan selesai sampai disitu, ternyata belum...

g sampe setengah jam, ada telepon lagi. kali ini dari sang karyawan di tempat kejadian perkara. mas mas ini minta maaf juga atas kesalahan yg td terjadi. nah klo ini g saya sangka sangka. saya pikir cukup ditelp sama bapak2 td. ini saya di telp sama mas di TKP langsung, saya kan jd g enak sendiri. masnya bilang minta maaf, karena yg td karyawannya itu masih baru, masnya juga bilang nanti klo mau njilid kesini lg akan langsung ditangani pak xxx (saya juga bakal mikir lg ms klo mau balik kesana, selain mahal, ya keburu malu sama semua karyawan disana T.T)

trus masnya bilang lg, ini orangnya yg td mau minta maaf. what??! kaget saya. mas mas yang njilid salah disuruh minta maaf langsung ke saya. saya makin g wenaaak iki. saya cuma bisa bilang " ya ya ya ya" bingung mau nanggepin gmn. intinya percakapan hanya maaf maaf dan maaf. selesai dikembalikan lg ke mas2 yg awal, lalu selesai dan telepon ditutup.

saya jd bener2 g enak. sepertinya si bapak2 td langsung telp ke TKP dan langsung marah ke karyawannya, dan karyawannya disuruh telp langsung ke saya dan minta maaf T.T

bagus sih. jdnya kita sbg customer tau bahwa pengaduan kita benar2 di follow up. tp terpikir nggak kalo si customer bakalan mikir2 beribu ribu kali untuk balik kesana. masalahnya adalah para karyawan disana tau saya, dan bisa dibayangkan bagaimana "tatapan membunuh" akan saya terima bila saya kembali kesana -_-'



*Lihat juga yg ini Meriahkan Pesta Ulang Tahun bersama GarudaFood


Tidak ada komentar: